Sambut HUT RI Ke 77 Bikin Hiasan Dari Sampah Plastik

Swara Bandung .net.Bandung – Di dalam kehidupan kita sehari-hari, tentunya sampah akan selalu menumpuk. Baik itu sampah organik maupun non organik. Tapi, jika kamu ingin membuat sampah-sampah tersebut tidak berserakan dan menumpuk dilingkungan sekitar kamu, maka cobalah membuatnya menjadi lebih bermanpaat.

Seperti yang di lakukan Ibu Imas warga Rw 04 Bbk.Ciseureun Kelurahan Karasak,Kecamatan Astanaanyar Kota Bandung, dengan ketrampilan nya mengubah sampah menjadi sesuat yang bermanpaat.

Kreatif, itulah sebutan yang layak disematkan kepada ibu-ibu di Rw 04 ini, di  tangan ibu-ibu ini sampah plastik yang tampak tak berguna bisa dimanfaatkan menjadi kerajinan yang bernilai.

“Bikin kerajinan dari sampah plastik di bikin pernak pernik menyemarakan dalam rangka  menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77 , sekaligus mengurangi sampah pelastik yang mencemari lingkungan,” Ujar nya.

Ibu-ibu Rw 04 ini berhasil berkreasi dengan memanfaatkan sampah plastik. ini berhasil  dengan memanfaatkan sampah plastik menjadi barang yang bermanpaat Bagaimana tidak, di tangan ibu-ibu  sampah plastik yang tampak tak berguna bisa dimanfaatkan menjadi kerajinan yang bernilai.

Ibu-ibu di daerah tersebut bisa menyulap sampah plastik seperti kemasan kopi sachet, deterjen cair dan shampo menjadi aneka kerajinan cantik berupa tas ,pot bunga, keranjang belanja hingga tikar.

“Bikin kerajinan dari sampah plastik dibikin tas kecil, dompet, tikar ada yang dari bekas kemasan kopi, bungkus sabun cair itu yang pernah kami lakukan di sini,” ucap Imas salah satu ibu-ibu yang menjadi motor penggerak pembuat kerajinan saat ditemui Swara Bandung Di rumah nya.Rabu (10/8/2022).

Setidaknya ada ibu-ibu  yang ikut tertarik  membuat kerajinan. Ibu-ibu tersebut tampak antusias dalam melakukan kreasi nya meski pengerjaan nya harus dengan ketekunan dan tangan trampil.

Bahkan tidak sedikit dari ibu-ibu ini yang juga mengajak buah hatinya sembari mengerjakan kerajinan berbahan sampah plastik tersebut. Selain untuk mengisi waktu luang, membuat kerajinan dari sampah plastik juga bisa membuat peluang mendapat penghasilan tambahan.

“Kita buat ngisi waktu luang sebenarnya, kan sekarang istilahnya lagi di rumah saja jadi kita buat ngisi waktu jadi bikin kerajinan,” kata Imas

Imas menjelaskan proses pembuatan kerajinan itu diawali dari mengumpulkan  sampah plastik bekas (Kresek) dan gelas plastik bekas minuman , sedotan plastik, benang,  itu digunting dengan ukuran yang sudah ditentukan untuk kemudian dirangkai.

menjelaskan bahan baku kerajinan berupa sampah plastik bekas kemasan tersebut sangat mudah didapatkan dari lingkungam sekitar kita . (Red ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!