Patroli Tanggap Bencana Tim SAR Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Jabar Pantau Lokasi Longsor

Garut,swarabandung.net – Tim SAR Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Jabar kembali melaksanakan patroli tanggap bencana di wilayah rawan bencana perbatasan Kabupaten Bandung Garut, Pelaksanaan pengecekan dan pemantauan bencana alam di wilayah hukum Polres Garut tersebut dilakasanakan oleh 4 pers tim SAR Batalyon A Pelopor yang dipimpin Aiptu Kosasih. Rabu (13/1/2021).

Lokasi yang dituju yakni di Kampung Cigedogan Desa Rancasalak Kecamatan Kadungora Kabupaten Garut, dimana di kemarin sore di wilayah tersebut telah terjadi longsor yang diakibatkan hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut.

Longsor menyebabkan material Longsor menutupi seluruh bagian Jalan lebih kurang 40 meter dengan ketinggian tanah mencapai 1 meter dan merobohkan salah satu tiang listrik.

Saat ini sedang dilaksanakan penutupan jalan sementara untuk pembersihan material longsong oleh dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Garut dengan menggunakan alat berat dan sedang dilaksanakan penggantian tiang listrik oleh PLN.

Tidak ada korban jiwa maupun materil dalam kejadian tersebut, hanya menyebabkan lumpuhnya akses jalan alternatif dari arah Bandung menuju Garut begitupun sebaliknya.

“Alhamdullilah tidak ada korban jiwa maupun materil dari masyarakat sekitar, saat ini kami bersama pihak terkait sedang membersihkan sisa material longsor dengan menggunakan alat berat” ungkap Aiptu Kosasih.

Sementara itu, Komandan Satuan Brimob Polda Jawa Barat Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., mengatakan “Kegiatan yang dilaksanakan anggotanya merupakan bentuk kesiapan personil dalam menghadapi setiap bencana yang terjadi di wilayah hukum Polda Jawa Barat, kami juga akan mengirimkan personil susulan manakala di lokasi bencana tersebut membutuhkan banyak personil. Tuturnya.

Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., menambahkan “kegiatan SAR ini merupakan salah satu bentuk Bakti Brimob Polda Jabar untuk masyarakat dalam menghadirkan Negara di tengah-tengah masyarakat”.

“Ini merupakan wujud Bhakti Brimob Polda Jabar dalam hal ini di wilayah Garut, untuk menciptakan rasa aman dan nyaman serta kedekatan emosional antara Brimob dengan Masyarakat ″, ujarnya Kombes Pol. Yuri Karsono.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!