Mahasiswa KKK – UPI, Lakukan Revitalisasi Lahan Kosong

Bandung,swarabandung.net  – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kelurahan Pamoyanan Kecamatan Cicendo Kota Bandung melakukan revitalisasi lahan kosong menjadi sebuah taman dengan penggunaan ecobrick yang bertempat di suatu lahan di kawasan Rw 06 Kel. Pamoyanan Kec. Cicendo Kota Bandung,bulan lalu.

Dalam upaya menindaklanjuti program Citarum Harum, kegiatan ini dilaksanakan untuk menata ulang kembali lahan tersebut dengan perbaikan fisik dan tindakan penyelamatan bumi yang saat ini sudah mengalami kerusakan akibat ulah manusia seperti membuang sampah sembarangan, membuang sampah di sungai, serta polusi udara akibat pembakaran sampah dan emisi kendaraan.

Sejalan dengan program Pemerintah Kota Bandung Kang Pisman (Kurangi, Pisahkan dan Manfaatkan) secara tidak langsung mahasiswa KKN mengajak warga sekitar untuk turut andil dalam kegiatan penyelamatan lingkungan salah satunya dengan cara memanfaatkan limbah plastik.

Sebagai solusi langsung, mahasiswa KKN mengubah limbah plastik menjadi ecobrick yang dapat bermanfaat di masyarakat, dalam hal ini ecobrick digunakan menjadi pagar penjaga tanaman. Dilihat dari bentuk nya yang sangat kuat menyerupai bata konvensional, ecobrick ini dapat menjadi alternatif bagi bata konvensional dalam mendirikan bangunan yang ramah lingkungan ataupun dijadikan usaha kreatif masyarakat sebagai bahan baku furniture.

Salah satu Ibu kader pengurus PKK mengatakan, “Saya sangat berterima kasih atas adanya mahasiswa KKN dari UPI, yang secara langsung memberikan solusi nyata dari permasalahan yang ada. Saya berharap agar selanjutnya bisa ditiru oleh masyarakat untuk lebih menjaga lingkungan dan ikut dalam kegiatan lainnya untuk menyelamatkan lingkungan”, pungkas nya.

Kegiatan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat akan manfaat penghijauan lahan dan mengurangi jumlah limbah plastik yang ada di Kota Bandung, khususnya di Kelurahan Pamoyanan.

Selaini itu kegiatan ini juga diharapkan dapat menambah wawasan dan kesadaran masyarakat di kawasan Rw 06 agar tidak membuang sampah sembarangan melainkan mengubah sampah tersebut menjadi suatu hal yang bermanfaat.

Seperti yang di programkan pemerintah kota Bandung Kng Pisman ( Kurangi, Pisahkan, Manpaatkan ) seperti yang di lakukan mahasiswa KKN UPI di Sektor 22 memanpaatkan sampah jadi sesuatu yang manpaat.

(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *