Jakarta

Kapolri Pimpin Tradisi Pembaretan Kontingen Satgas Misi Perdamaian PBB

JAKARTA,swarabandung.net – Kapolri Jenderal Idham Azis memimpin kegiatan tradisi pembaretan dan upacara penutupan latihan pra tugas Kontingen Satgas Garbha II FPU 12 UNAMID yang akan melaksanakan tugas misi pemeliharaan perdamaian PBB di Darfur, Sudan tahun 2020.

“Terdapat 154 personel yang merupakan duta perwakilan institusi Polri dan juga perwakilan dari Indonesia terdiri dari Bintara, Perwira dan Perwira menengah yang telah disiapkan untuk menjalani misi perdamaian,” kata Idham Azis di Puslat Multifungsi Polri Cikeas, Bogor, Kamis (12/3/2020).

Idham menegaskan, nantinya jika pasukan telah kembali ke Indonesia akan diberikan penghargaan atau reward mulai dari kenaikan pangkat hingga sekolah.

“Hal ini dilakukan sebagai bentuk komitmen institusi Polri terhadap anggota yang memang berprestasi dan melaksanakan tugas melebihi dari panggilan tugasnya,” ujar Idham.

Setelah dilakukan pembaretan, Idham menjelaskan, selanjutnya akan dilakukan pengecekan kemampuan hingga nanti PBB akan menghubungi Polri untuk menggerakkan pasukannya mengikuti misi di Sudan ataupun negara lainnya.

Disisi lain, Idham berharap seluruh pasukan dapat menjadi tauladan dan bisa menampilkan budaya Indonesia yang terbaik, karena pasukan dari Indonesia sangat dikagumi di negara-negara tempat mereka bertugas.

“Rangkaian acara hari ini setelah dilaksanakan basis akan dilakukan prosesi tradisi Polri yaitu pembaretan angkatan ke-12,” tutup Idham.

(***)

Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Mendapat Penghargaan MURI

JAKARTA,swarabandung.net – Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), organisasi berhimpunnya perusahaan media siber, dianugrahi penghargaan oleh Museum Dunia Rekor Indonesia (MURI). Penghargaan berprestasi tersebut diserahkan langsung oleh pendiri MURI, Jaya Suprana kepada Ketua Umum SMSI, Firdaus di Jaya Suprana Institute, Lantai LG Mall Of Indonesia, Jalan Boulevard Raya RSVP, Jumat (28/02/2020).

Penghargaan peraihan rekor dunia MURI ini, diberikan atas kecepatan, daya sebar dan banyaknya media siber yang tergabung di SMSI dalam menyampaikan opini “MENDAMBAKAN KEADILAN SOSIAL”.

Hanya dalam waktu tujuh setengah jam, opini yang disampaikan SMSI kepada anggota sudah dimuat 571 media yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Capaian SMSI ini, merupakan kali pertama dicapai oleh organisasi perusahaan media Siber di Indonesia.

Sebagaimana diketahui, dalam perjalanannya, SMSI telah mengalami tiga kali pergantian ketua umum.

Ketua Umum pertama, dijabat Teguh Santosa, kemudian Auri Jaya menggantikan Teguh Santosa. Baik Teguh maupun Auri keduanya diangkat oleh para pendiri, sampai dengan pelaksanaan kongres.

Kemudian pada kongres perdana 20 Desember 2019, Firdaus terpilih sebagai ketua umum, mengalahkan Teguh Santosa yang penah menjabat sebagai ketua Umum. Firdaus tercatat sebagai ketua umum SMSI pertama yang dipilih melalui kongres.

Bulan Januari 2020, kepengurusan SMSI Pusat, dibawah nakhoda Firdaus, resmi terbentuk. Usai menerima SK, SMSI langsung tancap gaspol.

Berkat kompaknya jajaran kepengurusan SMSI dari pusat hingga daerah, yang semula pengurus di tingkat provinsi SMSI hanya ada di 27 provinsi, kini sudah ada 30 cabang provinsi di tanah air.

Kepada awak media, ketika ditemui di sela-sela sebuah acara, Ketua Umum SMSI Firdaus mengaku bahwa, capain yang berhasil ditorehkan SMSI, dan salah satunya dapat memecahkan rekor MURI, tidak terlepas dari peran serta dan dukungan segenap pendiri, penasehat dan jajaran pengurus SMSI dari Pusat hingga Daerah

Firdaus mengatakan, dimasa akan datang, masih banyak pekerjaan yang harus dikerjakan pengurus SMSI. Salah satunya adalah bagaimana SMSI menjadi konstituen Dewan Pers. Adapun sarat untuk itu diantaranya memiliki anggota paling sedikit 200 perusahaan dan tersebar minimal di 15 Provinsi.

“Syukur kini SMSI, anggotanya sudah lebih dari 500 perusahaan, dan tersebar lebih dari 15 Provinsi. Dan Pengurus SMSI Provinsi yang sudah di verifikasi faktual, 19 Pengurus Provinsi dan ditambah satu pengurus Pusat,” pungkas Firdaus.

Firdaus, sebelum terpilih menjadi ketua umum SMSI, dimasa kepemimpinan dua ketua SMSI sebelumnya, Firdaus menjabat sebagai Sekretaris Jenderal.
Merunut sedikit pengalaman Firdaus dalam mengelola organisasi, dirinya pernah menjadi Ketua PWI Provinsi Banten dua periode, sebelum menjadi ketua PWI Banten, Firdaus menjabat sekretaris PWI Banten satu periode. Dan selain itu, Firdaus juga pernah menjabat sebagai Sekretaris SPS Banten selama 14 tahun. Sejak 2004 hingga 2018, Firdaus mendampingi Ketua SPS Banten, Priyo Susilo.

Pengalaman menjadi sekretaris SPS bersama Priyo Susilo dalam membesarkan SPS Banten kala itu, mengajarkannya banyak hal. Salah satunya keteladanan yang ditularkan Priyo Susilo sebagai ketua kepadanya. Dari contoh yang diberikan Priyo, Firdaus mampu memberhentikan kebiasaanya merokok hingga rajin melaksanakan puasa senin-kamis.

“Jika seorang pemimpin tegak lurus, maka siapapun dibawahnya akan ikut dan patuh,” ucap Firdaus yang juga dikenal sebagai pribadi yang kritis dan tegas ini.

Penyerahan Penghargaan Rekor Indonesia:

1. Rekor Pertama : Trainer yang Berhasil Menurunkan Berat Badan Anak yang Memiliki Bobot Terberat secara Sehat dalam Waktu Satu Tahun, (turun berat badan sebanyak 110 Kg)
Rekoris : Ade Rai

2. Rekor Kedua : Anak yang Berhasil Menurunkan Berat Badan Terberat Selama Satu Tahun, (turun berat badan sebanyak 110 Kg)
Rekoris: Aria Permana

3. Rekor Ketiga : Tim Pelajar Indonesia Pertama yang Berhasil Mencapai Puncak Gunung Elbrus, (pelaksanaan. 17/8/2018)
Rekoris : ELPALA SMAN 68
(pendaki : Geas Aldino, Ryan Muhammad, Salsa Khusnus dan Timothy Jonathan)

4. Rekor Keempat : Pelajar Bersaudara Termuda yang Berhasil Mencapai Puncak Gunung Kilimanjaro, (pelaksanaan. 17/3/2019)
Rekoris: Matthew Richard (15 thn 9 bln 21 hr) & Jonathan Philip (13 thn 9 bln 3 hr)

5. Rekor Kelima : Barista Tuli Pertama di Indonesia
Rekoris: Tri Erwinsyah Putra

6. Rekor Keenam : Perusahaan Direct Selling yang Mengunjungi Negara Terbanyak, (sebanyak 37 Negara)
Rekoris: PT. KK INDONESIA

7. Rekor Ketujuh : Webinar Tanpa Henti Terlama, (100 jam)
Rekoris: Perhimpunan Pelajar Indonesia Se-Dunia (PPI DUNIA)

8. Rekor Kedelapan : Baklava dengan Harga Tertinggi, (Rp. 14.000.000,-)
Rekoris: Mardin Baklava & Patisserie

9. Rekor Kesembilan : Perempuan Indonesia Termuda Peraih Gelar Doktor di Perguruan Tinggi
Tiongkok, (usia 25 thn 5 hari)
Rekoris: Bryna Meivitawanli

10. Rekor Kesepuluh : Anak Perempuan Pemilik Rambut Terpanjang, (Panjang Rambut. 140 cm,
pengukuran 18 Juli 2019)
Rekoris: Beatrice Anggraini Pramana, usia 13 thn

11. Rekor Kesebelas : Atlet Paralayang Tertua, (usia 79 thn)
Rekoris: Julius Early Rawis

12. Rekor Keduabelas: Mendirikan Telur diatas Jenis Terbanyak, (25 jenis benda)
Rekoris: Sofian

13. Rekor Ketigabelas : Penggagas Alat Musik Gesek dengan
Kotak Bermotif Batik (???)
Rekoris : Fredy

14. Rekor Keempatbelas : Serikat Media Siber yang Menggerakkan 571 Anggotanya Memuat Naskah “Mendambakan Keadilan Sosial”
Rekoris: Serikat Media Siber Indonesia – SMSI

Penyerahan Penghargaan Rekor Dunia

15. Rekor Kelimabelas : The One and Only Band Founded by A Four Star Army General Still Active in Performing / (Band Pimpinan Jenderal)
Rekoris: Band Playsets

16. Rekor Keenambelas : Inventor Superpave (Superior Performing Asphalt Pavement) Grade
PG 60-16 & PG 70-16 Berkualitas Dunia
Rekoris: Ir. Sayono

17. Rekor ketujuh belas: Penyerahan Penghargaan Prestasi Nusantara Penghapal 217 Ayat Ayat Alkitab Rekoris: Anneke A. Polak – Penghapal 217 Ayat Ayat Alkitab

Penguji: Bapak Jusuf Ngadri.

(***)

Pos Indonesia dan Peruri Kerja Sama Pencetakan Prangko

JAKARTA,swarabandung.net  – Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) bekerja sama dengan PT Pos Indonesia (Persero) terkait pencetakan prangko dan benda filateli lainnya dengan nilai kerja sama mencapai Rp15 miliar.

Kedua BUMN ini melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan pada Kamis (27/2/2020) bertempat di Ruang Pancasatya, Kantor Peruri Jakarta.

Direktur Pengembangan Usaha Peruri Fajar Rizki menjelaskan nilai kerja sama tersebut sebesar Rp15 miliar untuk 13 seri prangko.

“Setiap tahunnya Peruri selalu berupaya untuk meningkatkan mutu dan pengamanan dari Prangko dan Benda Filateli yang meliputi bentuk, bahan baku, desain, pencetakan,” ungkapnya Kamis (27/2/2020).

Dia mengungkapkan, seri prangko pada 2020 ini bertema musik dan mungkin berisi musisi-musisi terkenal.

Selain itu, pengembangan prangko pun tengah mencoba teknologi digital berupa augmented reality (AR) menyesuaikan dengan zaman.

Direktur Jaringan dan Layanan Keuangan PT Pos Indonesia Ihwan Sutardiyanta mengungkapkan pencetakan Prangko dan Benda Filateli yang selama ini dilakukan oleh Peruri melalui pesanan dari Pos Indonesia termaktub dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika RI (Permen Kominfo RI) No. 21/ 2012 tentang Prangko yang menjelaskan bahwa pencetakan Prangko dilaksanakan oleh Percetakan Sekuriti.

Dalam hal ini Peruri merupakan salah satu BUMN yang didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No.6/2019 memiliki tugas untuk mencetak dokumen negara yang membutuhkan fitur sekuriti guna memenuhi kebutuhan sesuai permintaan instansi yang berwenang.

“Kolaborasi dengan Perum Peruri tentang prangko, dahulu besar karena dahulu penggunaan surat besar, keberadaan internet menulis jadi tak begitu tinggi, surat tergantikan ke email dan pesan singkat,” jelasnya, Kamis (27/2/2020).

Pos Indonesia pun berencana meningkatkan target market utama yang saat ini hanya filatelis dan membutuhkan target baru. Melalui perjanjian kerja sama ini, Peruri akan melanjutkan tugasnya untuk mencetak Prangko dan Benda Filateli. (***)

Menkeu Sri Mulyani : Reformasi di Tubuh Polri Luar Biasa

Jakarta,swarabandung.net – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memberikan apresiasi kepada Kepolisian Republik Indonesia (Polri) sebagai institusi besar yang memiliki upaya reformasi secara luar biasa. Pujian itu terkait perolehan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangannya selama enam kali berturut-turut.

Hal tersebut disampaikan Sri Mulyani dalam sambutan pada Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Polri di Auditorium Perguruan Tinggi Kepolisian Indonesia (PTIK) Jakarta, Kamis (20/2/2020) seperti yang ditulis dalam akun facebook Sri Mulyani Indrawati dan laman Kemkeu RI.

Menurutnya, reformasi yang dimaksud antara lain dibuktikan dengan perolehan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangannya selama enam kali berturut-turut. Menkeu mengapresiasi kepemimpinan Polri atas komitmen yang tidak berubah.

“Itu luar biasa. Artinya pertama mindset-nya sudah tahu bahwa ini zaman berubah, kita harus berubah dan kemudian mewujudkannya di dalam tingkah laku dan sikap dan menghasilkan sesuatu yang diaudit secara independen 6 tahun dan tetap terjaga dan dijaga itu luar biasa,” ujar Menkeu.

Menkeu menambahkan, jajaran birokrasi dan seluruh instansi publik yang melayani dan profesional, akuntabel, punya kompetensi adalah tiang negara yang tidak terhingga nilainya. Itu adalah penjaga negara yang membangun serta menumbuhkan Republik Indonesia.

Hal tersebut dapat terwujud berkat kualitas kepemimpinan untuk bisa menjalankan misi dan setia, loyal pada tujuan bernegara serta mampu menahan diri terhadap berbagai godaan yang muncul dari kesempatan-kesempatan yang ada.

“Sekali lagi, saya menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Kepolisian Republik Indonesia yang saya tahu tidak mudah, sama seperti saya memimpin Kementerian Keuangan. Seluruh jajarannya sampai di pelosok sama seperti jajaran saya di seluruh Republik Indonesia,” katanya.

Ditambahkan, godaan datang setiap hari namun kita menempuh jalan yang sulit dan sunyi karena jalan yang sulit dan sunyi itu adalah jalan menahan diri dan memperbaiki institusi sehingga betul-betul menjadi institusi yang well govern, yang tertata dengan baik, yang mampu menghasilkan institusi yang mampu menjalankan misinya dengan integritas dan profesionalitas.

“Ini proses panjang namun Polri memulai dari awal dan tetap komit. Luar biasa,” kata Menkeu.

Pada kesempatan tersebut Menkeu mendapatkan penghargaan Kehormatan Kedokteran Kepolisian yang diserahkan langsung oleh Kapolri. Penganugerahan Wing Kehormatan Kualifikasi Kedokteran Kepolisian Tahun 2020 dengan tujuan menumbuhkan rasa kebanggaan dan tanggung jawab untuk personil non Polri yang turut mengembangkan Kedokteran Kepolisian sebagai salah satu unsur dari Kedokteran Kesehatan Polri.

Rapat kerja teknis ini merupakan gabungan Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang), Pusat Keuangan (Puskeu), Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) dan Pusat Sejarah (Pusjarah) Polri Tahun Anggaran 2020. Tema yang diusung adalah “Siap Mendukung Pengamanan Pilkada Serentak dan PON XX Tahun 2020 Untuk Menjaga Stabilitas Keamanan Dalam Negeri Guna Mengawal Pembangunan Nasional Menuju Indonesia Maju”.

(Muh.Warman)

Hadirnya Putri Tanjung Warna Baru Di HPN 2020

Jakarta,swarabandung.net – Staf Khusus Presiden Joko Widodo yang juga CEO dan Founder Creativepreneur Putri Indahsari Tanjung, bertemu Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari di Kantor PWI Pusat, Lantai 4 Gedung Dewan Pers, Kamis (23/1).

Didampingi Sekjen Mirza Zulhadi , Auri Jaya Ketua Panitia HPN,Abdul Aziz Wakil Ketua Bidang Luar Negeri PWI Pusat,Wasekjen PWI Pusat Suprapto dan Ishadi SK Penasehat PWI Pusat dan Humas HPN Mercys Charles Loho,

Ketum PWI Pusat Atal S Depari mengatakan pertemuan ini merupakan bentuk keberpihakan PWI kepada milenial yang cerdas serta peduli kepada bangsa. Menurutnya Putri merupakan ikon anak muda yang pekerja keras, cerdas dan peduli kepada masyarakat.

“Kehadiran Putri Tanjung ini mejadi warna baru Hari Pers Nasional dan pasti kemasan acaranya berbeda dari kegiatan2 HPN Selanjutnya.” Ujar Depari.

Putri Indasari Tanjung Jadi salah satu Maskot Kaum Milenial yang Akan Menyemarakan Hari Pers Nasional 7 – 9 Februari di Kalimantan Selatan.

Anak pemilik media Trans corp itu akan hadir sebagai pembicara dalam seminar forum millineal yang akan diikuti oleh ratusan bahkan hingga ribuan mahasiswa di Kalsel.

Seminar itu sesuai dengan bidang yang selama ini digeluti oleh perempuan Lulusan Academy of Arts, San Francisco, Amerika Serikat ini.

Putri mengajak dan mengundang milenial Indonesia di Kalimamtan Selatan dan Provinsi lainnya di Tanah Borneo untuk datang dalam acara Creativepreneur Corner 2020. Acara ini akan diadakan di Hari Pers Nasional 2020 di Banjarmasin Kalsel.

“Di sana kita itu ingin berbicara mengenai creativepreneur mindset. Apa, kapan, dan di mana, terus bagaimana punya mindset entrepreneurship,” ucap Putri.

(***)

Aksi Tim SAR Yon D Brimob Evakuasi Korban Banjir

Bekasi,swarabandung.net – Ratusan rumah di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat banjir akibat hujan deras disertai angin kencang pada penghujung tahun 2019. Banjir cukup parah terjadi di Perumahan Bima Grove, Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Ketinggian air di sana mencapai lebih satu meter dan menyebabkan badan jalan rusak akibat tertimpa pohon tumbang.

Sejumlah warga yang terjebak banjir pun dievakuasi personil Tim SAR Batalyon D Satuan Brimob Polda Metro Jaya yang turun langsung ke lokasi dipimpin Pasi Ops Iptu Subarsana.

Berdasarkan pantauan wartawan, anggota Brimob melaksanakan evakuasi terhadap warga sekitar yang terkena Banjir dan membuka akses jalan yg tertutup akibat pohon tumbang.

Aksi yang dilakukan sejumlah personel Brimob itu cukup mengundang reaksi warga untuk ikut melakukan evakuasi dan membantu membopong anak-anak serta warga yang berusia lanjut.

Derasnya banjir tak menyurutkan personil Brimob untuk menyelamatkan warga dengan berbekal perahu karet.

“Terimakasih pak polisi sudah menolong kami,” kata seorang wanita yang ikut duduk di perahu karet. (***)

Amankan Liburan, Kapolda Metro Jaya Terjunkan Sat Brimob di Objek Wisata Pantai

JAKARTA,swarabandung.net – Polda Metro Jaya menerjunkan tim SAR pada masing masing Batalyon Pelopor Sat Brimob Polri untuk menempati obyek-obyek wisata pantai yang dinilai memiliki tingkat kerawanan cukup tinggi.

“Pasukan Brimob dilengkapi satu unit kendaraan SAR Brimob serta kapal karet siap siaga jika sewaktu-waktu dibutuhkan, salah satunya jika terjadi laka laut,” ucap Pasi Ops Batalyon D Pelopor Iptu Subarsana di sela sela apel pelaksanaan tugas,
Minggu (29/12/2019).

Menurutnya, tujuan Satuan Brimob Polda Metro Jaya menerjunkan personel lengkap dengan mobil SAR-nya, selain menindaklanjuti perintah Kapolda Metro Jaya melalui Dansat Brimob Metro Jaya Kombes Pol Deonijiu De Fatima, S.IK., SH, juga untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan.

“Tim SAR siaga di setiap pantai selama musim liburan tahun baru,” ujar Iptu Subarsana.

Dia berpesan kepada anggota SAR yang bertugas untuk lebih mengutamakan pengawasan kepada anak-anak yang berenang di pantai Lagon, Ancol.

Karena menurut informasi kondisi pantai Lagon masih curam dan rawan terjadinya korban tenggelam.

“Kepada setiap anggota yang bertugas saya tanamkan jiwa ikhlas dalam melayani dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas pengamanan, khususnya antisipasi korban tenggelam”.

“Sehingga selain mengamankan obyek wisata dan mengamankan warga yang melaksanakan liburan, juga dapat lebih mendekatkan Polri terhadap masyarakat,” ucapnya.

Team SAR Brimob Batalyon D Pelopor Polda Metro Jaya, lanjut Iptu Subarsana, juga mengajak masyarakat yang berlibur agar dapt menikmati fasilitas negara dengan berlayar bersama menggunakan perahu karet yang di miliki oleh team SAR.

“Disini Team SAR juga akan memberikan wawasan dan pengetahuan kepada masyarakat dan anak anak yang ikut berlayar di perahu karet tentang SAR Brimob,” ucapnya.

Dalam pantauan media, antusias masyarakat sangat tinggi terhadap layanan dan fasilitas yang diberikan tim SAR. Anggota bahkan terlihat kewalahan melayani antusis masyarakat yang berdatangan setiap saat.

Sebagian petugas terlihat melakukan pemantauan terhadap pengunjung dan sejumlah anggota melakukan penyisiran di sepanjang pinggir pantai Lagon Ancol, mulai dari ujung barat sampai timur.

Hal itu dilakukan setiap 1 jam sekali, mulai dari jam 09:00 WIB hingga jam 18.00 WIB.

Menjelang petang, petugas melarang pengunjung berenang di Pantai Lagon.

Iptu Subarsana mengatakan bahwa jiwa melayani selalu ada di pundaknya. “Bagi kami, keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam berlibur merupakan prioritas. Sebab itu pemantuan pengunjung dan pelaksanaan patroli menyisir sepanjang pantai Lagon kami lakukan setiap 1 jam sekali dan alhamdulillah, selama pelaksanaan tugas, wilayah yang kami amankan tidak ada peristiwa yang menonjol, baik korban tenggelam maupun korban tindak pidana lainnya”.

“Semoga lelah kami menjadi ibadah dan menjadikan keceriaan bagi masyarakat. Brimob untuk indonesia,” ujar Iptu Subarsana.

(***)

Gandeng Kemensos, UKM IKM Nusantara Gelar Baksos Hari Ibu

JAKARTA,swarabandung.net – Ketua Umum Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) Nusantara, Chandra Manggih Rahayu didampingi ketua harian Ika Rostianti dan jajaran pengurus menggelar kegiatan bakti sosial (baksos) di lapangan Komplek Polri, Munjul, Cipayung, Jakarta Timur, Minggu (22/12/2019)

Baksos tersebut dilaksanakan atas kerjasama UKM IKM Nusantara dengan Kementerian Sosial Republik Indonesia, Kementerian Koperasi dan UKM, aparatur Polri, pemerintah daerah, Werkplay, Radana Finance, perkumpulan Media Online Indonesia (MOI).

“Baksi Sosial berupa santunan untuk anak yatim, kaum disabilitas dan pedagang kaki lima ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dan tanda kasih dari kami dan semoga bermanfaat untuk semuanya,” ucap Chandra Manggih Rahayu.

Dia mengatakan, kegiatan Baksos digelar dalam rangka memperingati Hari Ibu Ke-88 yang jatuh pada tanggal 22 Desember 2019 dan Hari kesetiakawanan Nasional.

Ditambahkan ketua panitia, Ika Rostianti bahwa baksos berupa santunan tersebut merupakan agenda rutin yang digelar UKM IKM Nusantara. Adapun kali ini baksos digelar dalam rangka memeriahkan Hari Ibu dan Hari Kesetiakawanan Nasional.

Menurutnya, untuk lebih meriah, kegiatan baksos dikombinasikan dengan sejumlah kegiatan, diantaranya lomba senam kreasi ibu-ibu, lomba mewarnai untuk anak-anak dan bincang bincang seputar UMKM bersama nara sumber yang berasal dari Kementerian Koperasi.

“Serangkaian acara tambahan ini menjadikan kegiatan baksos semakin meriah dan penuh makna..terimakasih atas dukungan para sponsor dan lembaga pemerintahan maupun swasta yang telah membantu kegiatan ini, termasuk Dirut Radana Finance, ibu Evy Indahwaty” ucap Ika.

Hadir dalam kegiatan tersebut yakni Asisten Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia, CEO Werkplay, Lince Atmadja, pejabat pemerintah setempat, aparatur Polri, tokoh masyarakat dan para penggiat UMKM di wilayah Cipayung, Jakarta Timur.

Sementara itu, salah satu peserta Baksos, Sri Wahyu (42 th) warga Munjul, Cipayung mengaku senang dengan adanya kegiatan bakti sosial yang diselenggarakan UKM IKM Nusantara. Dirinya pun memang sengaja datang atas sosialisasi yang dilakukan pihak panitia.

“Saya dapat info langsung saja saya datang bersama teman-teman PKL. Iya ini acaranya meriah dan sangat menyentuh, semoga kegiatan seperti ini lebih sering diadakan dan kontinyu,” tutupnya. (***)

Film Sang Prawira Libatkan Personel Polda Sumut dan Ganjar Pranowo

Jakarta,swarabandung.net – Film Sang Prawira merupakan sebuah film yang disutradarai oleh Ponti Gea. Film ini 95 persen akan dibintangi oleh personel anggota Polda Sumatera Utara, Anggika Bolsterli dan Ganjar Pranowo.

Bercerita tentang perjalanan seorang anak desa dari pinggiran Danau Toba yang memiliki cita – cita sebagai seorang polisi.

Namun kedua orang tuanya memiliki pandangan yang berbeda. Ibunya mendukung ia yang ingin menjadi polisi namun sang ayah lebih suka jika anaknya bekerja di luar negeri agar dapat menolong kondisi keluarnya yang terbilang susah.

Sang Prawira akan menampilkan sosok polisi yang tangguh dan berani yang penuh dengan pesan moral kepada masyarakat yang menyaksikannya.

Bagaimana kira-kira film yang akan dibintangi oleh personel anggota Polda dan Bapak Gubernur ini ya? Nantikan penayangannya di bioskop pada tanggal 28 November 2019 mendatang.

(***)

TNI Mutasi dan Promosi Jabatan 69 Perwira Tinggi

Jakarta,swarabandung.net – Mutasi jabatan di lingkungan TNI dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier Perwira Tinggi, guna mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis. TNI melakukan upaya peningkatan kinerja melalui mutasi dan promosi jabatan di tingkat Perwira Tinggi TNI.

Berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1055/IX/2019 tanggal 24 September 2019 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia, telah ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 69 Perwira Tinggi (Pati) TNI terdiri dari 21 Pati jajaran TNI Angkatan Darat, 23 Pati jajaran TNI Angkatan Laut dan 25 Pati jajaran TNI Angkatan Udara.

Dalam mutasi dan promosi jabatan tersebut, tercatat sebagai berikut : 21 Pati TNI Angkatan Daratyaitu Brigjen TNI Richard H.T. Tampubolon, S.T. dari Kasdam VI/Mlw menjadi Kas Kogabwilhan I (orgas baru), Brigjen TNI Bramantyo Andi Susilo dari Staf Khusus Kasad menjadi Asrena Kaskogabwilhan I (orgas baru), Kolonel Inf Suhardi dari Paban IV/Ops Sops TNI menjadi Asops Kaskogabwilhan I (orgas baru), Brigjen TNI Sudarto, S.I.P. dari Staf Khusus Kasad menjadi Aslog Kaskogabwilhan I (orgas baru), Kolonel Inf Rafael Granada Baay dari Danrem 074/Wrt (Surakarta) Kodam IV/Dip menjadi Aster Kaskogabwilhan I (orgas baru), Brigjen TNI Joko Warsito dari Wadan Pusterad menjadi Kaskogabwilhan II (orgas baru), Brigjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A. dari Danrem 181/PVT (Sorong) Kodam XVIII/Ksr menjadi Wadan Pusterad, Brigjen TNI Yulius Selvanus dari Staf Khusus Kasad menjadi Danrem 181/PVT (Sorong) Kodam XVIII/Ksr, Kolonel Rio Firdianto, S.H. dari Sesmin Kasum TNI menjadi Asintel Kaskogabwilhan II (orgas baru), Kolonel Inf Bobby Rinal Makmun, S.I.P. dari Pamen Denma Mabesad menjadi Asops Kaskogabwilhan II (orgas baru), Brigjen TNI Oerip Soekotjo dari Staf Khusus Kasad menjadi Aspers Kaskogabwilhan II (orgas baru), Brigjen TNI Wahyu Agung Prayitno, S.Pd. dari Staf Khusus Kasad menjadi Askomlek Kaskogabwilhan II (orgas baru).

Mayjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M. dari Asops Panglima TNI menjadi Pangkogabwilhan III (orgas baru), Mayjen TNI Tiopan Aritonang, S.I.P. dari Pangdam XIII/Mdk menjadi Asops Panglima TNI, Brigjen TNI Hendrawan, S.I.P. dari Staf Khusus Kasad menjadi Asintel Kaskogabwilhan III (orgas baru), Kolonel Inf Suswatyo, S.I.P. dari Paban II/Orstra Sops TNI menjadi Asops Kaskogabwilhan III (orgas baru), Kolonel Inf Novy Helmy Prasetya, S.I.P. dari Danrem 061/SK (Bogor) Kodam III/Slw menjadi Aspers Kaskogabwilhan III (orgas baru), Brigjen TNI Hendra Yus dari Staf Khusus Kasad menjadi Aster Kaskogabwilhan III (orgas baru), Brigjen TNI Sofyan Yahya Botutihe, M.B.A. dari Staf Khusus Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Brigjen TNI Ali Sanjaya dari Staf Khusus Kasad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Brigjen TNI Ahmad Saepuddin, S.E., M.M., AIFO dari Dosen Tetap Unhan menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun).

23 Pati TNI Angkatan Lautyaitu Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A. dari Irjen Kemhan menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun), Laksdya TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M. dari Wakasal menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun), Laksda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si. dari Pangkoarmada II menjadi Wakasal, Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M. dari Pangkolinlamil menjadi Pangkoarmada II, Laksma TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M. dari Kas Koarmada II menjadi Pangkolinlamil, Laksma TNI Iwan Isnurwanto, M.A.P. M.Tr.(Han) dari Danguskamla Koarmada II menjadi Kas Koarmada II, Laksma TNI Rachmad Jayadi dari Staf Khusus Kasal menjadi Danguskamla Koarmada II.

Laksda TNI Yudo Margono, S.E., M.M. dari Pangkoarmada I menjadi Pangkogabwilhan I (orgas baru), Laksda TNI Muhammad Ali, S.E., M.M. dari Koorsahli Kasal menjadi Pangkoarmada I, Laksda TNI Anwar Saadi, S.H. dari Staf Khusus Kasal menjadi Koorsahli Kasal, Kolonel Laut (T) Bambang Wahyudi, S.H., M.H. dari Paban VI/Mintel Sintel TNI menjadi Asintel Kaskogabwilhan I (orgas baru), Kolonel Laut (E) Teguh Prasetyo, S.T., M.Soc. Sc. dari Paban III/Litbang Asro Srenum TNI menjadi Askomlek Kaskogabwilhan I (orgas baru), Kolonel Laut (P) Hersan, S.H., M.Si. dari Koorsmin Kasal menjadi Asrena Kaskogabwilhan II (orgas baru), Kolonel Mar Much Sulchan, M.Tr.(Han) dari Dirjian Bangdik Seskoal menjadi Aster Kaskogabwilhan II (orgas baru), Laksma TNI Dadi Hartanto, M.Tr.(Han) dari Kas Koarmada III menjadi Kas Kogabwilhan III (orgas baru), Laksma TNI Maman Firmansyah dari Kas Kolinlamil menjadi Kas Koarmada III.

Laksma TNI Dwika Tjahja Setiawan, S.H. dari Pati Sahli Kasal Bid. Iptek menjadi Kas Kolinlamil, Kolonel Laut (E) Jalasena Satriyawirya dari Pamen Sahli Bid. Tekum Sahli Kasal Bid. Iptek menjadi Asrena Kaskogabwilhan III (orgas baru), Laksma TNI Ir. Aziz Ikhsan Bachtiar, M.Tr.(Han) dari Staf Khusus Kasal menjadi Aslog Kaskogabwilhan III (orgas baru), Laksda TNI Darwanto, M.A.P. dari Staf Khusus Kasal menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun), Laksma TNI Albertus Bambang Pratiknyo, S.E., M.M. dari Staf Khusus Kasal menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun), Brigjen TNI (Mar) Bambang Priambodo dari Staf Khusus Kasal menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun), Brigjen TNI (Mar) Tory Subiyantoro, S.Sos. dari Staf Khusus Kasal menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun).

25 Pati TNI Angkatan Udarayaitu Marsdya TNI Trisno Hendradi dari Dansesko TNI menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun), Marsda TNI Dedy Permadi, S.E., MMDS dari Aspers Panglima TNI menjadi Dansesko TNI, Marsda TNI Diyah Yudanardi dari Dankodiklatau menjadi Aspers Panglima TNI, Marsda TNI Tatang Harlyansyah, S.E., M.M. dari Gubernur AAU menjadi Dankodiklatau, Marsda TNI Nanang Santoso dari Pa Sahli Tk. III Bid. Ekkudag Panglima TNI menjadi Gubernur AAU, Marsma TNI Suparmono dari Dirjianbang Akademi TNI menjadi Pa Sahli Tk. III Bid. Ekkudag Panglima TNI, Kolonel Pnb Arif Widianto, S.A.B., M.Tr.(Han) dari Sesdisopslatau menjadi Dirjianbang Akademi TNI, Marsma TNI Loekman, S.E., M.M. dari Pa Sahli Tk. II Siber Sahli Bid. Intekmil dan Siber Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun), Marsma TNI Yudi Bustami, S.Sos., dari Pati Sahli Kasau Bid. Sumdanas menjadi Pa Sahli Tk. II Siber Sahli Bid. Intekmil dan Siber Panglima TNI.

Marsma TNI Fachri Adamy, S.E. dari Wagub AAU menjadi Pati Sahli Kasau Bid. Sumdanas, Marsma TNI Paminto Bambang Pamungkas, S.I.P. dari Dirjian Kodiklatau menjadi Wagub AAU, Kolonel Lek Empep Abdurohman dari Kasubdisnav/LLU Disbangopsau menjadi Dirjian Kodiklatau, Marsma TNI Andi Gunawan Wirson dari Pati Sahli Kasau Bid. Air Power menjadi Staf Khusus Kasau, Marsma TNI Andi Heru Wahyudi dari Kas Koopsau I menjadi Pati Sahli Kasau Bid. Air Power, Marsma TNI Ir. Tedi Rizalihadi S., M.M. dari Staf Khusus Kasau menjadi Kas Koopsau I, Kolonel Pnb Mohammad Syafii dari Paban IV/Bindik Spersau menjadi Aspers Kaskogabwilhan I (orgas baru).

Marsda TNI Fadjar Prasetyo, S.E., MPP. dari Pangkoopsau I menjadi Pangkogabwilhan II (orgas baru), Marsma TNI M. Khairil Lubis dari Waasops Panglima TNI menjadi Pangkoopsau I, Marsma TNI Jorry S. Koloay dari Staf Khusus Kasau menjadi Waasops Panglima TNI, Kolonel Tek Dani Harsono dari Dirharpesbang Koharmatau menjadi Aslog Kaskogabwilhan II (orgas baru), Kolonel Lek R. Achmad Prihadi dari Seslem Seskoau menjadi Askomlek Kaskogabwilhan III (orgas baru), Marsda TNI Dwi Fajariyanto dari Staf Khusus Kasau menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun), Marsda TNI Asep Sumaruddin, M.Sc. dari Staf Khusus Kasau menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun), Marsma TNI Amrullah Asnawi, M.Sc. dari Staf Khusus Kasau menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun), Marsma TNI Dr. Agus Mulyadi, S.H., M.H. dari Karokum Setjen Kemhan menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun).

(Muh.Warman/Puspen TNI)