Biro SDM Polda Jabar Melaksanakan Trauma Healing Untuk Korban Banjir Di Bogor

Bogor,swarabandung.net – Bertempat di tenda BPBD dan SDN 01 Desa Harkat Jaya Kec. Cigudeg Kab. Bogor, Biro SDM Polda Jabar melaksanakan Kegiatan pelaksanaan dukungan kesehatan mental dan psikososial atau Trauma Healing. Senin, (20/01/2020).

Jumlah saksi, korban terdiri dari 200 orang, yang terdiri dari anak-anak sebanyak 23 orang, anak sekolah 60 orang dan Dewasa sebanyak 117 orang.

Adapun Tim yang melaksanakan kegiatan tersebut Adalah Kompol Cristofel JWJ, S.I.P., M.S.I. Penata TK 1 Dra.Yusi Hariyumanti HS , M.Psi, Briptu M. Ichsan S.Psi, Penda Eka Aprilia P, Dan Meidina,S.Psi (Magang).

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Drs. S. Erlangga menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan tehnik wawancara lisan, wawancara tertulis, P
pemeriksaan Psikologi dengan alat ukur klinis, Intervensi Psikologis dengan hypnotherapi dan Observasi.

Pelaksanaan kegiatan trauma healing menggunakan tehnik supporting dan proses relaksasi meminimalisir kecemasan dan trauma dari bencana alam Pelaksanaan ini dilakukan sebagai langkah awal mencegah efek trauma pada anak, perempuan, orang tua yang mengalami kecemasan dan kekhawatiran dengan tetap membentuk skema positif tentang alam sekitar serta membentuk kecintaan akan diri agar menjadi duta lingkungan dirumah sendiri melalui membentuk pola pikir positif akan lingkungan, kesigapan diri, menurunkan kecemasan, belajar melangkah dengan relokasi hati dan wilayah yang akan ditinggali nantinya.

(Muh.Warman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *