Bandung

Berita informatif terkini seputar kota Bandung dengan mengangkat topik mengenai kota Bandung. Yuk segera baca berita terbaru di swara bandung!

Selamatkan DAS, Sektor 22 Sub 7 Citarum Harum Bersihkan Sungai

Bandung,swarabandung.net – Satgas Citarum Harum Sektor 22 yang dipimpin oleh, Kol. Inf. Asep Rahman Taufik, melakukan pengawasan dan pemeliharaan kebersihan sungai, setelah melakukan sosialisasi kepedulian lingkungan dan reboisasi penyelamatan lingkungan.

Upaya penyelematan lingkungan dari overlepping luapan air sungai dan kebersihannya terus dilakukan, dengan pembersihan sungai, sosialisasi baik melalui kedinasan maupun doot to door langsung mendatangi masyarakat juga pemantauan terhadap pelaku industri sebagai anjuran, arahan dan pencegahan membuang langsung limbahnya.

Peltu Bayu Dc, sebagai Dansub 07 sektor 22 hari ini melaksanakan pembersihan di Sungai Cibeureum Kelurahan Sukawarna, sepanjang 350 meter.

Inisiatif dalam pelaksanaan kegiatan pembersihan sungai oleh Sub 07-22, merupakan tindakan penyelamatan Daerah Aliran Sungai sesuai Perpres No. 15 Tahun 2018.

Dikatakan Peltu Bayu Dc. Kepada awak media menyampaikan, “Pembersihan Kirmir sebagai upaya untuk memperpanjang usia Kirmir, karena apabila Kirmir dipenuhi oleh tanaman dan rumput liar yang akan merusak dinding Kirmir dan ini akan mempercepat proses pengrusakan Kirmir yang akan mengakibatkan Kirmir tersebut ambruk.” tuturnya.

Rusaknya daerah aliran sungai salahsatu penyebabnya adalah kurang pemeliharaan, pemerintah dengan keterbatasan personil sehingga pengawasan terhadap sungai sangat terbatas, begitupun melakukan perawatannya.

Dengan adanya satgas citarum harum, pengawasan dan pemeliharaan sungai bisa terlaksanakan setiap hari.

Satgas Sektor 22 citarum harum, setiap hari melaksanakan operasi sungai, yaitu survay lapangan, pengawasan dan komunikasi sosial ke tiap warga yang tinggal di bantaran sungai, dengan menyampaikan sosialisasi program citarum harum diperadukan dengan Progran Kang Pisman dan Kota Bandung Bebas ODF di Tahun 2020.

(***)

Sektor 22 Sub 16 Satgas Citarum Harum Bersihkan Sungai Cikapundung

Lembang,swarabandung.net – Satgas Sub 16 sektor 22 Citarum Harum, melaksanakan pembersihan Sungai Cikapundung wilayah Rt 01/09 Desa Suntenjaya di hulu Sungai Cikapundung.

Pembersihan ini masif dilakukan sebagai upaya menjaga kebersihan sungai, juga sosialisasi kepada aparat kewilayahan dan masyarakatnya supaya bisa menjaga kelestarian sungai.

Dikatakan Serma Epi Nana (Dansub 16-22), ketika diwawancarai awak media, mengatakan, “Pembersihan sampah di sungai cikapundung  yang merupakan Hulu Sungai Cikapundung, di optimalkan agar sampah tidak hayut terbawa ke Kota Bandung”  katanya.

Inisiatif ini, Epi lebih konsisten pada pembersihan sungai sambil melakukan sosialisasi kepada warga sekitar bantaran, yang terlebih dahulu melakukan pendekatan sosial kepada aparat desa sebagai ajang silaturahmi dan pemberitahuan.

“Kami melakukan ini sebagai tindakan pencegahan, soalnya sampah yang ada di Sungai Cikapundung yang akhirnya bermuara di Sungai Citarum” imbuh Epi.

Epi pun menyebutkan bahwa upaya masifnya pembersihan ini dikarenakan musim hujan, sehingga debit air bertambah dan sampah akan cepat hayut terbawa derasnya sungai.

(***)

Cegah Tawuran, Kapolsek Utara Barat Polres Cirebon Kompol H. Suwitno, SH, MH pimpin Langsung Geledah Tas Pelajar

CIREBON,swarabandung.net – Polsek Cirebon Utara Barat, Polres Cirebon Kota melakukan pemeriksaan dan penggeledahan terhadap para pelajar yang sedang nongkrong di sekitar Jalan Perjuangan Kota Cirebon, Jumat (21.02.2020).

Hal ini dilakukan sebagai upaya preemtif dan preventif yang dilakukan Kepolisian sebagai langkah dalam mengantisipasi terjadi aksi tawuran pelajar di wilayah Kota Cirebon.

Kapolres Cirebon Kota AKBP Syamsul Huda, S.Ik, SH, M.Si melalui Kapolsek Cirebon Utara Barat Kompol H. Suwitno, SH, MH mengatakan, pegecekan dan pemeriksaan terhadap tas dan kendaraan yang digunakan pelajar tersebut untuk mengantisipasi para siswa terpapar kelompok berandalan bermotor yang saat ini meresahkan kenyamanan warga.

Selain mencegah terjadinya aksi tawuran pelajar sekaligus juga mencegah terjadinya penyalahgunaan obat-obatan terlarang dan narkoba ataupun senjata tajam, tegasnya.

Dari hasil pemeriksaan tadi oleh anggota tidak ditemukan sajam ataupun alat-alat yang berbahaya lainnya dan langsung kami arahkan untuk membubarkan diri dan pulang kerumah masing-masing.

Dalam hal ini kami juga sudah menempatkan dan menyiagakan personil di wilayah Jalan Perjuangan Kota Cirebon untuk mengantisipasi akan terjadinya aksi tawuran pelajar dan juga kejahatan jalanan lainnya, tegasnya.

(Muh.Warman)

Mahasiswa KKK – UPI, Lakukan Revitalisasi Lahan Kosong

Bandung,swarabandung.net  – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kelurahan Pamoyanan Kecamatan Cicendo Kota Bandung melakukan revitalisasi lahan kosong menjadi sebuah taman dengan penggunaan ecobrick yang bertempat di suatu lahan di kawasan Rw 06 Kel. Pamoyanan Kec. Cicendo Kota Bandung,bulan lalu.

Dalam upaya menindaklanjuti program Citarum Harum, kegiatan ini dilaksanakan untuk menata ulang kembali lahan tersebut dengan perbaikan fisik dan tindakan penyelamatan bumi yang saat ini sudah mengalami kerusakan akibat ulah manusia seperti membuang sampah sembarangan, membuang sampah di sungai, serta polusi udara akibat pembakaran sampah dan emisi kendaraan.

Sejalan dengan program Pemerintah Kota Bandung Kang Pisman (Kurangi, Pisahkan dan Manfaatkan) secara tidak langsung mahasiswa KKN mengajak warga sekitar untuk turut andil dalam kegiatan penyelamatan lingkungan salah satunya dengan cara memanfaatkan limbah plastik.

Sebagai solusi langsung, mahasiswa KKN mengubah limbah plastik menjadi ecobrick yang dapat bermanfaat di masyarakat, dalam hal ini ecobrick digunakan menjadi pagar penjaga tanaman. Dilihat dari bentuk nya yang sangat kuat menyerupai bata konvensional, ecobrick ini dapat menjadi alternatif bagi bata konvensional dalam mendirikan bangunan yang ramah lingkungan ataupun dijadikan usaha kreatif masyarakat sebagai bahan baku furniture.

Salah satu Ibu kader pengurus PKK mengatakan, “Saya sangat berterima kasih atas adanya mahasiswa KKN dari UPI, yang secara langsung memberikan solusi nyata dari permasalahan yang ada. Saya berharap agar selanjutnya bisa ditiru oleh masyarakat untuk lebih menjaga lingkungan dan ikut dalam kegiatan lainnya untuk menyelamatkan lingkungan”, pungkas nya.

Kegiatan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat akan manfaat penghijauan lahan dan mengurangi jumlah limbah plastik yang ada di Kota Bandung, khususnya di Kelurahan Pamoyanan.

Selaini itu kegiatan ini juga diharapkan dapat menambah wawasan dan kesadaran masyarakat di kawasan Rw 06 agar tidak membuang sampah sembarangan melainkan mengubah sampah tersebut menjadi suatu hal yang bermanfaat.

Seperti yang di programkan pemerintah kota Bandung Kng Pisman ( Kurangi, Pisahkan, Manpaatkan ) seperti yang di lakukan mahasiswa KKN UPI di Sektor 22 memanpaatkan sampah jadi sesuatu yang manpaat.

(***)

Ketua Jurnalis Citarum Puji Kepedulian Dansektor 7 Kepada Warga Tedampak Banjir

SwaraBandung.Net.Kab.Bandung – padatnya kegiatan satgas Citarum sektor 7 membuat Ketua Jurnalis Citarum Harum (JPCH) Asep Mulyana melakukan kunjungan langsung ke Posko utama di Cluster Rancamanyar Desa Rancamanyar, Selasa (18/2).

Pada saat kunjungan, Asep Mulyana diajak Dansektor 7 untuk membagikan sembako pada warga terdampak banjir dengan menggunakan Katamaran.

“Luar Biasa” ucapan itu terlontar dari Ketua JPCH ketika bersama Dansektor 7 juga awak media menembus hujan dan derasnya aliran Citarum.

” Saya salut dengan kinerja Dansektor 7, kepeduliannya terhadap warga yang sedang ditimpa kesulitan sangat besar, tidak ada rasa takut padahal aliran Citarum lagi deras”, ujar Asep Mulyana.

” Apalagi dengan berbagai Inovasi nya dalam menata bantaran, sesuai dengan petunjuk Pangdam III/Siliwangi bahwa bantaran Citarum harus menjadi beranda depan rumah”, tutur Asep.

Sementara itu Kolonel Kav Purwadi menyampaikan bahwa kegiatan yang di laksanakan oleh satgas Citarum sektor 7 mengikuti rencana aksi yang sudah dibuat sebelumnya.

” Kegiatan kami mengikuti rencana aksi yang sudah dibuat, jadi tidak asal asalan, mulai dari penanaman pohon, pembibitan Vertiver dan pengawasan industri dan penataan bantaran semua sesuai dengan jadwal”, urainya.

” Alhamdulillah hari ini Ketua Jurnalis Citarum melihat dan ikut langsung membagikan sembako, jadi tau bahwa inilah tugas kami, selain melaksanakan amanat Perpres no 15, kami juga dituntut dekat dengan masyarakat, agar himbauan kami untuk menjaga alam mereka terima dengan sungguh sungguh, tidak merasa dipaksa”, ungkapnya.

Warman.

Kapolrestabes Bandung Resmikan Kantor SKCK Dan Kantor Bhayangkari 

Bandung,swarabandung.net – Kapolrestabes Bandung Kombes pol Irman Sugema, S.IK, MH meresmikan gedung pelayanan SKCK Polrestabes Bandung dan kantor Bhayangkari Cabang Polrestabes Bandung bertempat di halaman Satintelkam Mapolreatbes Bandung. Senin (17/2/2020)

Adapun Acara tersebut di awali dengan laporan renovasi ruangan yang disampaikan Kasat Intelkam Polrestabes Bandung Akbp Drs.Moh Tatang,M.Si dihadiri oleh para Kabag, Kasat dna Kapolsek Jajaran serta Ketua Bhayangkari dan pengurus Cabang Polrestabes Bandung.

Acara dilanjutkan dengan pengguntingan pita dan pemotongan tumpeng berlangsung dengan penuh khidmat dan rasa syukur, semoga gedung pelayanan SKCK yang baru diresmikan ini dapat memberikan kenyamanan khususnya kepada masyarakat kota Bandung yang akan membuat SKCK.

(Muh.Warman)

Bupati Bekasi Harapkan Pers Berikan Pemberitaan Yang Membangun

SIARAN PERS BAGIAN HUMAS DAN PROTOKOL SEKRETARIAT DAERAH KAB.BEKASI JUMAT 14 FEBRUARI 2020

Bupati Bekasi Harapkan Pers Berikan Pemberitaan Yang Membangun

CIKARANG TIMUR,swarabandung.net –  Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja mengharapkan pers dapat memberikan pemberitaan yang membangun. Hal itu disampaikannya, pada Puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke-74 tingkat Bekasi Raya tahun 2020, Jumat (14/2).

“Pemerintah Daerah membutuhkan kehadiran pers dalam perspektif yang seterang-terangnya, yang menyejukan, berdiri di depan, memerangi hoaks, dan ujaran kebencian,” ujarnya di Gedung Theatre, Dinas Pariwisata, Cikarang Timur.

Ia juga berharap, Pers dapat secara konsisten memberikan informasi kepada masyarakat mengenai kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi. Termasuk memberikan masukan dan kritik sebagai sosial kontrol.

“Saya ucapkan selamat Hari Pers Nasional ke-74, semoga pers semakin jaya! Saya berharap, pers dapat mengambil peran dan ikut dalam membangun Kabupaten Bekasi,” ujarnya.

Bupati Bekasi juga mengucapkan rasa terimakasihnya kepada insan pers, karena dalam setiap kegiatannya selama ini selalu beriringan dengan wartawan.

“Sebagai Kepala Daerah, saya sudah sembilan bulan lebih, ini dalam setiap kegiatan selalu bersama para wartawan. Terimakasih, sudah mengawal apa saja yang telah di lakukan Pemerintah Kabupaten Bekasi,” singkatnya.

Puncak peringatan HPN tingkat Bekasi Raya kali ini, mengambil tema pers mendorong sinergi, dalam pengembangan pariwisata. Diakhir acara, Bupati Bekasi dan unsur Muspida yang hadir juga menerima piagam yang diberikan oleh panitia penyelenggara HPN ke-74 tingkat Bekasi Raya.

Reporter: ans
(Humas_Kab_Bekasi)

Bersihkan Sungai Cikapundung, Sektor 22 Sub 4 Angkat 1,5 Ton Sampah

Bandung,swarabandung.net – Satgas Citarum Sektor 22 Sub 4 melaksanakan giat pembersihan sampah di aliran Sungai Cikapundung di wilayah perbatasan Rw 09 kel pasirluyu kec Regol dengan Rw 04 kel Cijagra Kec Lengkong Kota Bandung. Selasa (11/2/2020).

 

Dansub 4 Sertu Agus Tardiman menyampaikan,”sebelum melaksanakan pembersihan sungai, seluruh personil Apel pagi dan berdo’a bersama yang diikuti Baraya dan Gober kewilayahan”. Katanya.

Setelah apel pagi, lanjut agus, seluruh personil gabungan, melaksanakan karbak (karya bakti) pembersihan sungai cikapundung dari sampah, rumput liar dan ranting.

“Dari pembersihan sungai sepanjang 100 meter, sampah yang terangkut 1,5 ton sampah. Selain itu, Satu buah pohon kelapa yang terdampar di sungai akibat terbawa arus berhasil di angkat kepermukaan”. Tutur agus.

Agus berharap, kepedulian dan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampahnya sembarangan, karena akan menumpuk dan menghambat aliran sungai. Tak hanya itu, tumpukan sampah akan mengakibatkan banjir dan penyakit.

“Saya tak henti – hentinya mengajak warga untuk peduli akan lingkungannya, karena dengan adanya dukungan semua pihak akan lebih cepat proses percepatan pemulihan Daerah Aliran Sungai (DAS)”. Pungkasnya.

Muh.Warman

Kabid Humas Polda Jabar :”Polsek Rancaekek Polresta Bandung Polda Jabar Tangkap Dan Amankan Mobik Pengangkut Mobil Miras Berbagai Merk”

Rancaekek,swarabandung.net – Polsek Rancaekek Polresta Bandung Polda Jabar yang terdiri dari Unit Reskrim, Unit Sabhara dan Unit Intel berhasil mengamankan 1 unit kendaraan Roda 4 merk Grand max warna silver metalik th. 2014 dengan Plat Polisi D 1814 UW. Minggu (09/2/2020)

Penangkapan dilakukan di sekitar Bundaran Permata Hijau Jalan Raya arah Garut-Bandung Desa Jelegong Kec. Rancaekek Kab. Bandung. Operasi miras tersebut dipimpin oleh Panit 1 Reskrim Polsek Rancaekek Polresta Bandung Iptu Didik .

Dari operasi tersebut berhasil mengamankan 80 dus miras dengan rincian sebagai berikut 70 dus (840) botol merk Intisari dan 10 dus (240) botol jenis arak berikut 1 unit R4 Grand Max warna silver No. Pol 1814 UW th. 2014. Menurut Panit 1 Reskrim berdasarkan pemeriksaan kepada pelaku bahwa Miras itu akan diedarkan ke wilayah Solokan Jeruk dan Majalaya. Selanjutnya Miras tersebut diamankan di gudang penyimpanan barang bukti Mapolsek Rancaekek.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. S. Erlangga menginformasikan bahwa keberhasilan mengamankan 1 mobil yang mengangkut miras tersebut tidak lepas dari peran serta laporan masyarakat kepada Kepolisian, dimana Polsek Rancaekek Polresta Bandung Polda Jabar hampir setiap hari, secara rutin melakukan operasi pekat yang sasarannya berupa miras dan premanisme guna menghambat peredaran miras di wilayah hukum Polsek Rancaekek, sebagai daya tangkal terjadinya tindak pidana kejahatan yang diakibatkan oleh Miras.

Berdasarkan keterangan pengendara mobil yang membawa miras yaitu Sdr. Par dan Sdr. Kab, masing-masing warga Kp. Mencut Rt. 04/Rw.02 Lagadar Kec. Margaasih Kab. Bandung bahwa miras tersebut diperoleh dari Cimahi dengan pemilik nama Far, 50 th, pekerjaan dagang, alamat Kp. Mencut Rt. 04/02 Lagadar Kec. Margaasih Kab. Bandung.

(Muh.warman)

Kabid Humas PoldaJabar :”Polsek Ciwidey Polresta Bandung Polda Jabar Ungkap Pelaku Spesialis Curanmor”

Kab. Bandung,swarabandung.net – Polsek Ciwidey Polresta Bandung Polda Jabar ungkap Pelaku Spesialis Pencurian Kendaraan Bermotor yang meresahkan Warga. Senin (10/02/2020).

Sebanyak 30 unit kendaraan bermotor berjenis roda dua dan 2 unit roda empat berhasil diamankan oleh unit reskrim Polsek Ciwidey Polresta Bandung Polda Jabar.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Kapolresta Bandung Polda Jabar melalui Kapolsek Ciwidey Polresta Bandung Polda Jabar AKP Ivan Taufiq, S.H pada saat Konferensi Pers di Mapolsek Ciwidey.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Drs. S. Erlangga menginformasikan bahwa untuk tersangka ada 3 orang yang ditangkap dan barang bukti yang berhasil diamankan sebanyak 30 kendaraan roda dua dan 2 unit kendaraan roda empat berjenis Pick Up. Para pelaku seperti diketahui berinisial RG (46), A (27), R (26) dan S (26).

Kendaraan tersebut merupakan hasil pencurian para pelaku yang dalam kurun waktu bulan Mei 2019 sampai dengan bulan Januari 2020, tutur Kabid Humas Polda Jabar.

Kapolresta Bandung Polda Jabar melalui Kapolsek Ciwidey pun menghimbau kepada warga masyarakat yang merasa kehilangan kendaraan bermotor roda dua dan roda empat berjenis Pick Up bisa langsung menghubungi dan mendatangi Kepolisian Sektor Ciwidey dengan membawa STNK dan BPKB.

(Muh.Warman)